Rabu, 04 Juni 2014

Beragam Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

Selain bunga melati yang digunakan sebagai hiasan atau sebagai campuran teh pengantin , melati juga bermanfaat untuk berbagai keperluan . Kandungan kimia dalam bunga dan daun sebagai indol , benzil , livalylacetaat , terbukti efektif untuk :

1. Menghentikan ASI yang keluar berlebihan

Caranya , ambil segenggam daun melati , tumbuk halus , kemudian menempel di sekitar payudara , setiap pagi sebelum mandi .

2. Sakit mata

Penyakit mata yang ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi , bisa diatasi dengan segenggam daun melati . Caranya , ambil segenggam daun melati , tumbuk halus , lalu tempelkan di dahi . Ketika itu mengering ganti dengan yang baru . Ulangi sampai sembuh .

3. Bengkak akibat serangan lebah
Caranya, ambil 1 genggam bunga melati , remas-remas sampai halus , kemudian menempel pada sengatan lebah .

4. Demam dan sakit kepala
Ambil 1 genggam daun melati dan bunga melati 10 . Campur semua bahan , remas-remas dengan tangan , kemudian direndam dengan air dalam keranjang . Cara menggunakannya , air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi .

5. Demam berdarah .

Rebus 7 daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air untuk 1 cangkir air ke dalamnya . Setelah dingin, saring dan Minuman pada pasien dengan demam berdarah . Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar